Seminar Teknik Elektro Universitas Mercu Buana: Industrial Automation Jembatani Kebutuhan Industri

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA – Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana Jakarta, menggelar seminar bertema ‘Industrial Automation’, menghadirkan dua narasumber berkompeten. Seminar digelar dalam rangka mencari solusi kinerja sistem yang lebih efektif dan efisien di era factory system saat ini.

Seminar yang dihadiri tak kurang dari 400 peserta digelar sebagai upaya menjembatani kebutuhan industri, khususnya dunia industri otomasi yang dewasa ini sedang mengalami tren lebih populer secara drastis. Sebagai triple helix dari dunia dewasa ini adalah bersinerginya dunia akademisi, dunia industri dan pemerintah.

Inisiator sekaligus keynote speaker, Dr. Setiyo Budiyanto, menjelaskan, titik awal berkembangnya dunia industri ditandai dengan adanya Revolusi Industri pada abad ke-18 di Inggris, melalui tiga tahapan. Pertama, Domestic System, yakni tahap kerajinan rumah (home industri). Kedua, Manufactur, bahwa setelah kerajinan industri semakin berkembang, diperlukan tempat khusus untuk bekerja agar pemilik usaha dapat mengawasi dengan baik cara mengerjakan dan mutu produksinya. Ketiga, Factory System, merupakan industri yang menggunakan mesin secara canggih.

Saat ini, kata Setiyo, kita hidup di era factory system, yang berarti dalam pelaksanaan usaha industri sebagian besar dilakukan menggunakan alat bantu berupa mesin-mesin yang bekerja secara simultan. Namun pada sisi lain, kita juga dihadapkan pada semakin mahalnya sumber daya manusia sebagai subyek dari pengontrolan sistem yang ada. Karena itu, manusia senantiasa melakukan terobosan inovasi baru, guna mencapai kinerja sistem agar lebih efektif dan efisien.

“Seminar ini diadakan guna mencari salah satu solusi dari kinerja sistem yang efektif dan efisien tersebut”, jelas Setiyo, yang juga merupakan Kepala Prodi Teknik Elektro dan Staf Ahli Rektor Bidang Riset dan Teknologi Universitas Mercu Buana, tersebut.

Seminar menghadirkan dua narasumber, yakni Tyas Wedhasari, ST. M.Sc, yang membahas tentang ‘Inovation System Approach Business Transformation’ dan Aidil Putra, ST., membahas tentang ‘Factory Automation Total Solution With E-Factory’. Dua nararsumber ini telah malang-melintang di dunia otomasi industri dan mumpuni dalam pendekatan akademis dan teori.

Hadir dalam seminar yang digelar Sabtu (14/10/2017), antara lain Dekan Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana, Danto Sukmajati Ph.D., para dosen dan jajajaran, tamu undangan dan peserta terdiri dari mahasiswa, baik S1, S2 dan S3.

Sumber: cendananews.com