Era Digital : Banyak Profesi Hilang, Tetapi Pekerjaan Tetap Tersedia

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA.  Kampus Universitas Mercu Buana (UMB), Meruya Selatan, Jakarta,  bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, mengadakan acara Campus Talk bertema “Perdagangan Era Digital: Dimana dan Bagaimana Indonesia Berkiprah?” di kampus UMB, Jakarta, Sabtu, tanggal 21 April 2018.  Pengamat e – commerce Kementerian Komunikasi dan Informatika, Arif Kurniawan, S.Sos., M.Kom menegaskan era digital memang telah mengubah berbagai tatanan sosial yang ada. Dunia industry, perdagangan pun ikut menjadi korban dari era digital ini. Namun bukan berarti suatu persoalan yang luar biasa.

“Banyak profesi yang hilang di era digital, tetapi pekerjaan tetap tersedia banyak. Bahkan melahirkan pola bisnis baru,” ujar Arif Kurniawan saat menjadi pembicara dalam acara Campus Talk tersebut.

Hilangnya profesi, menurut dia merupakan realitas yang tidak bisa dihindari. Tetapi prinsip pekerjaan yang berdekatan dengan profesi dasar masih tetap terbuka. Jika ada perubahan pada pola bisnisnya saja, bukan pada hal lainnya yang selama ini dikhawatirkan.

Pada sisi lain, dia meminta perlu ada kesiapan lebih matang dari semua pihak dengan era digital. Karena persaingan di era digital semakin sengit, perubahan dapat terjadi sangat cepat. Hingga tanpa disadari siapapun bahwa sudah ada perubahan besar.

“Kesiapan tersebut diawali dari kemampuan mengaksis informasi dan memahami informasi. Hindari mendapatkan informasi sesat atau palsu. Ini yang kerap menjadi persoalan pada era digital,” paparnya.

Dia memastikan pemerintah telah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk meningkatkan daya sain di era digital. Kesiapan infrastruktur tersebut akan menjadi tidak bermanfaat jika SDM nya tidak juga ditingkatkan.

Pada level penyiapan SDM tersebut, dia menilai perguruan tinggi seperti UMB perlu mengambil peran optimal. Dimana seluruh mahasiswa dan juga dosen, harus mampu memiliki literasi digital memadai. Dengan demikian daya saing pun bisa dihadapi. (Sumber : Priyo Wahyudi / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita