Atasi Ekskalasi Kemacetan, Universitas Mercubuana Ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) Bahas Grand Desain Transportasi Kota Bekasi

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA - Atasi Kemacetan Kota Bekasi, Universitas Mercubuana Ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) Bahas Grand Desain Transportasi Kota Bekasi, kamis 14 Desember 2017, di Plaza Sumarecon Kota Bekasi. Universitas Mercu Buana Jakarta, Kampus Kranggan, yang mempunyai Program Studi Sipil dan Arsitektur ikut berperan aktif dalam menemukan masalah kemacetan di Kota Bekasi yang terus mengalami ekskalasi.

Akademisi Universitas Mercubuana dalam kegiatan FGD ini diwakili oleh Ir. Muhammad Isradi, MT, IPM memberikan masukan-masukan tentang mengatasi masalah tranportasi khususnya kemacetan yang ada di Kota Bekasi, dari data yang ada terdapat 19 titik kemacetan yang ada di Kota Bekasi (sumber DTKB) dan hal ini harus segera untuk diatasi dan diperlukan kajian-kajian ilmiah dalam penanganannya.

Tren dalam perencanaan transportasi perkotaan yang berkelanjutan adalah dengan menitik beratkan kepada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Urban sprawling terjadi dikarenakan pola tataruang yang berubah dengan sangat cepat dan tidak diiringi penyediaan kebutuhan residensial yang aksible, dan masyarakat mulai menyebar ke pinggiran kota untuk mendapatkan hunian yang lebih terjangkau. dan hal ini tentunya akan berdampak terhadap pola pergerakan dan pola transportasi yang ada termasuk dengan penyediaan infrastrukturnya.

"Beberapa solusi yang harus dicapai adalah dengan dengan penyediaan jaringan transportasi masal, aksesbilitas pendukung jalan tol, pengembangan jalur sirkulasi fasilitas pedestarian, dan penyediaan angkutan umum masal berbasis rel atau jalan", jelas Isradi.

Hadir pada diskusi ini perwakilan pemerintahan dan kademisi dari DTKB, BPTJ, Bappeda KOta Bekasi, BPLH, Dishub Kota Bekasi, PUPR Kota Bekasi, Unisma, Mercubuana, perwakilan pengembang dari Sumarecon, Putra Damai, Ciputra, Deltamas, Galaxy, Lippo Cikarang, dan Operator transportasi seperti Damri, Transjabodetabek, PT. KAI &Commuterline, TRanspatriot, Transjakarta, dan Organda Kota Bekasi (hk)